fbpx

Dompet Dhuafa Waspada Gulirkan Program UMKM “Snack Olle” di Labuhanbatu

Dompet Dhuafa Waspada Gulirkan Program UMKM “Snack Olle” di Labuhanbatu
Dompet Dhuafa Waspada Gulirkan Program UMKM “Snack Olle” di Labuhanbatu
Bagikan tulisan ini via:

Dompet Dhuafa Waspada gulirkan program UMKM berdaya “Snack Olle” berupa jajanan olahan dari bahan dasar ikan Lele, Rabu (15/1). Program ini resmi digulirkan bersamaan dengan menggelar pelatihan secara bergilir selama tiga hari di tiga titik lokasi yang berada di kabupaten Labuhanbatu. Ketiga lokasi tersebut yakni Kelurahan Ujung Bandar, Desa Tebing Linggahara, dan Desa Gunung Selamet.

Halimah Tusa’dyah selaku Manager Program Dompet Dhuafa Waspada menjelaskan bahwa program ini merupakan program pemberdayaan masyarakat yang tujuannya untuk membuka peluang usaha.
“Kalau selama ini usahanya mungkin jual ikan lelenya, kedepannya kami ingin masyarakat disini bisa membuat usaha misal oleh-oleh khas daerah berupa kerupuk, abon, atau kue dari ikan lele,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa program ini akan terus berlanjut dengan melihat keseriusan peserta.
“Jadi nanti ini misalnya pelatihan ada 25 orang pesertanya dan untuk tiga bulan kedepan kita liat perkembangannya yang serius hanya 10 orang, maka tidak masalah 10 orang itu yang akan kita bantu untuk kegiatan usahanya,” ujarnya.

Menanggapi program ini, Sarimpunan Ritonga selaku Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kab. Labuhanbatu menyampaikan bahwa dirinya optimis bahwa pelatihan ini akan berhasil. “Saya sangat optimis pelatihan ini nantinya berhasil dan bisa dimanfaatkan untuk masyarakat disini membuka usaha,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa Waspada yang bersedia untuk mengadakan program ini. “Terima kasih kami ucapkan karena sudah membuat program ini semoga harapannya program ini berjalan sukses sebagaimana yang diharapkan,” tuturnya.

Peresmian program ini turut dihadiri oleh Azhar Rambe selaku Camat Rantau Selatan, M. Noor Putra selaku Sekretaris Camat Bilah Barat, Karminah selaku Sekretraris Camat Bilah Hulu, Yussarleni Pohan selaku Lurah Ujung Bandar, Ramilahati selaku Sekdes Gunung Selamet, dan Perwakilan PKK Kab. Labuhanbatu.

Faridah Hanum, warga kelurahan Ujung Bandar yang menjadi peserta pelatihan turut mengapresiasi program ini. “Program seperti ini baru pertama diadakan disini, jadi rasanya saya senang bisa belajar membuat jajanan olahan dari ikan lele,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya serius mengikuti kegiatan ini untuk membuka usaha. “Saya inginnya buka usaha setelah ini bersama kawan kelompok dengan harapan nanti dibantu sama Dompet Dhuafa Waspada untuk memulai buka usaha,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Be informed!

berlangganan info DD

Open chat
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik icon WhatsApp untuk memulai chatting :)
Powered by