Program Kami

Program Ekonomi
Kampung-Ummat-1

Kampung Ternak Mandiri dan Kampung Ummat

Program pemberian bantuan kambing kepada kelompok ternak yang dianggap berkompeten mengembangkan peternakannya. Satu orang penerima manfaat diberikan modal empat ekor kambing betina dan satu ekor kambing jantan untuk dikembangbiakkan. Para penerima manfaat juga mendapat pelatihan dan pendampingan berkala selama dua tahun. Dalam jangka waktu tersebut, jika kambing yang dimiliki penerima manfaat sudah berkembangbiak maka penerima manfaat tersebut menggulirkannya ke calon penerima manfaat baru.

Sentra Ternak (DD Farm)

Merupakan implementasi pengelolaan dana zakat yang berfokus pada ranah pemberdayaan ekonomi dengan tujuan yakni menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus menempah lahirnya pengusaha ternak. Konsep yang dijalankan DD Farm yaitu dengan mempekerjakan penerima manfaat selama dua tahun untuk bisa belajar langsung tentang peternakan dan diberi pelatihan kemudian selepas dua tahun berlalu mereka akan mendapatkan modal berupa 30 ekor kambing untuk menjalankan usaha ternaknya sendiri. Lokasi sentra ternak Dompet Dhuafa Waspada berada di desa Bulu Cina, Kec. Hamparan Perak, Kab. Deli Serdang.

Sentra-Ternak-1
Holtikultura-2

Holtikultura Berdaya

Program pemberdayaan ekonomi yang bertujuan meningkatkan taraf hidup dan perekonomian petani miskin di desa Aji Julu, Kab. Karo.

UMKM Berdaya

Program pemberian bantuan beserta pembinaan yang ditujukan kepada masyarakat dhuafa yang memiliki jiwa kewiraushaan dan keahlian guna mengembangkan usahanya.

UMKM-1
Budikdamber-2

Budidaya Ikan di Dalam Ember (Budikdamber)

Merupakan program pemberdayaan ekonomi berupa pemberian bibit ikan untuk dibudidayakan di dalam ember. Dalam program ini penerima manfaat diberikan pelatihan sekaligus pendampingan dalam menjalankan programnya.