fbpx

Dompet Dhuafa Waspada Jamin Kualitas Kurban Lewat QC

Dompet Dhuafa Waspada Jamin Kualitas Kurban Lewat QC
Dompet Dhuafa Waspada Jamin Kualitas Kurban Lewat QC
Bagikan tulisan ini via:

Dua pekan lagi umat Islam akan merayakan Idul Adha. Bagi tim Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa Waspada, dua pekan ini merupakan waktu terpadat untuk menyiapkan kurban terbaik.

Pasalnya, sebelum hewan kurban akan didistribusikan ke penjuru Sumatera Utara, mereka harus teliti mengawal proses Quality Control (QC) terlebih dahulu guna meningkatkan mutu hewan kurban.

Bergulirnya THK ini juga diikuti dengan mekanisme dan sanksi tegas bagi mitra kurban THK yang melanggar ketentuan seusai keluarnya hasil penilaian oleh tim QC.
Sulaiman selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada menjelaskan tujuan dilaksanakan QC ini adalah untuk memastikan kualitas dari masing-masing hewan kurban.

“Tujuan QC ini dilakukan agar dapat menjaga kualitas hewan kurban, baik dari segi bobot dan juga kesehatan hewannya agar memang sesuai dengan standar yang dipersyaratkan,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa terdapat dua tahapan dalam proses QC ini. “Proses QC kita lakukan dalam dua tahap, saat ini sudah dilakukan QC pertama dan nantinya QC kedua dilakukan saat proses pengantaran hewan kurban ke titik sebaran kurban,” ucapnya.

Diakui Sulaiman bahwa QC ini memang sudah menjadi satu hal yang wajib dilakukan oleh tim Dompet Dhuafa Waspada setiap kali menjalankan program THK. “QC seperti ini memang sudah rutin kita lakukan dalam program THK di setiap tahunnya sehingga kita yang bisa menjamin sendiri kualitas hewan kurban kita,” ungkapnya.

Untuk bobot hewan kurban, juga dijelaskan Sulaiman bahwa bobot minimal kambing 23 kg dan sapi 250 kg. “Bobot jelas sudah kita tentukan berapa minimal bobotnya yaitu untuk kambing 23 kg sedangkan sapi bobot minimalnya 250 kg,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa Dompet Dhuafa memiliki penilaian standar mutu yang digunakan dalam proses pengadaan dan pendistribusian hewan ternak oleh mitra peternakpemberdayaan kurban THK.

“Penilaian mutu terdiri dari empat parameter yaitu bobot hidup, kesehatan dan fisik, pelaksanaan pemotongan, dan tepat sasaran,” ucapnya.

Diakhir Sulaiman menyampaikan, bahwa Dompet Dhuafa Waspada sampai saat ini masih menerima pendaftaran kurban bagi pekurban yang ingin berkurban melalui Dompet Dhuafa Waspada.

“Kita masih terus menerima pendaftaran kurban program THK 1441 H sampai nanti di hari tasyrik,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Be informed!

berlangganan info DD

Open chat
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik icon WhatsApp untuk memulai chatting :)
Powered by