fbpx

Dompet Dhuafa Waspada Bersihkan Sungai Deli

Dompet Dhuafa Waspada Bersihkan Sungai Deli
Dompet Dhuafa Waspada Bersihkan Sungai Deli
Bagikan tulisan ini via:

Dalam rangka mitigasi bencana banjir di kota Medan, Dompet Dhuafa Waspada bersama Forum Zakat (FOZ) Wilayah Sumatera Utara turut serta membersihkan sungai Deli dalam Aksi Ayo Bersih Sungai Deli. Kegiatan ini diinisiasi oleh BPBD Provinsi Sumatera Utara bekerjasama dengan BPBD Kota Medan, TNI dan Polri serta masyarakat setempat, Selasa (18/02).

Sebanyak 18 titik pembagian tugas dan tanggungjawab penyisiran daerah sungai pun dibagi mulai dari Jl. Avros hingga jembatan Jl. Perdana Medan sejauh 5.400 M. Dalam kegiatan ini, Tim Dompet Dhuafa Waspada turut menurunkan satu unit perahu untuk menyisir sungai membersihkan sampah yang ada di sungai dan dipinggir sungai.

Ditemui di lokasi kegiatan, Sulaiman selaku pimpinan cabang Dompet Dhuafa Waspada mengungkapkan bahwa turut sertanya Dompet Dhuafa Waspada adalah sebagai bentuk persuasi kepada masyarakat agar peduli kebersihan sungai. “Dalam kesempatan ini harapannya kami mengajak masyarakat untuk bersama peduli sungai dan memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai sehingga akan menjaga kondisi sungai deli tetap bersih dan terhindar dari bencana banjir,” jelasnya.

Selain menghimbau masyarakat untuk peduli sungai, Sulaiman juga turut mengajak seluruh elemen masyarakat terkhusus perusahaan dan institusi yang berada di sekitar daerah sungai agar juga ikut memikirkan kebersihan sungai deli. “Melalui aksi ini juga harapannya kami juga bisa mengajak berbagai perusahaan dan institusi yang berada di sekitar daerah sungai untuk peduli terhadap kebersihan sungai dengan tidak membuang limbah ke sungai langsung sesuai dengan aturan yang ada,”  harapnya.

Sejalan dengan yang dikatakan Kepala BPBD Provsu Dr. Ir. H. Riadil Akhir Lubis, Msi, ia mengatakan bahwa kegiatan bersih sungai ini memang telah rutin dilaksanakan oleh BPBD Provsu dengan tujuan untuk mitigasi bencana banjir di seputaran Kota Medan dan sekitarnya. “BPBD Provsu bekerjsama dengan BPBD Kota Medan, serta berbagai pihak lainnya seperti Dompet Dhuafa dan masyarakat telah rutin melakukan kegiatan bersih sungai sebagai bentuk komitmen kita bersama antara pemerintah, relawan dan masyarakat untuk mengurangi risiko terjadinya banjir,” kata Kepala BPBD Provsu.

Riadil berharap agar kegiatan positif ini dapat terus ditingkatkan kedepannya, serta peran masyarakat diharapkan turut mendukung dengan cara senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Be informed!

berlangganan info DD

Open chat
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik icon WhatsApp untuk memulai chatting :)
Powered by