fbpx

Imbas Corona, Masyarakat Stock Belanja Makanan, Bagaimana Nasib Dhuafa?

Imbas Corona, Masyarakat Stock Belanja Makanan, Bagaimana Nasib Dhuafa?
Imbas Corona, Masyarakat Stock Belanja Makanan, Bagaimana Nasib Dhuafa?
Bagikan tulisan ini via:

Pandemi Covid-19 yang menimpa 98 negara ini membuat masyarakat panik dengan belanja menimbun bahan makanan (sembako) di rumah mereka.

Persediaan bahan makanan menipis, barang kebutuhan kesehatan seperti masker dan handsinitizer habis terjual.

Kita sadari bahwa kita memang harus melakukan antisipasi dan berbagai upaya untuk menghadapi wabah Corona ini, namun sejatinya kita tidak boleh sampai serakah hingga lupa bagaimana nasib saudara kita.

Jika kita bisa menyimpan persediaan makanan di rumah untuk berhari-hari lamanya, pernahkah kita berpikir bagaimana nanti nasib saudara kita kaum dhuafa untuk makan satu harinya?

Sebagai umat muslim, kita tidak boleh menjadikan diri kita takut kepada virus Corona namun lebih tepatnya harus waspada.

Ketika kita memilih untuk waspada, artinya kita menggunakan akal sehat kita memikirkan upaya-upaya apa saja yang bisa kita lakukan sebagai langkah ikhtiar kita terhindar dari virus Corona.

Beberapa langkah ikhtiar kita diantaranya seperti menjaga imunitas tubuh dengan makan makanan yang sehat dan bervitamin, menjaga kebersihan diri dengan cuci tangan, menjaga kontak langsung dengan orang lain, dan memilih berdiam diri di rumah.

Lantas, bagaimana dengan sikap menimbun bahan makanan untuk persediaan?

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niám Soleh menuturkan memborong dan menimbun bahan kebutuhan pokok (sembako) serta menimbun masker hukumnya haram sebab ini menjadi fatwa yang menyatakan hukum mengenai tindakan yang dapat merugikan orang lain.

Dengan demikian, kita sebagai umat islam tidak boleh panik dengan menimbun persediaan makanan hingga merugikan orang lain.

Di masa-masa sulit seperti ini kita juga harus tetap ingat bagaimana nasib saudara kita kaum dhuafa yang sulit mendapat persediaan makanan.

Oleh karena itu, Dompet Dhuafa Waspada mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tetap bersama peduli kaum dhuafa di tengah masa sulit ini.

Melalui program #AntisipasiLockDown Sembako Untuk Dhuafa, kami mengajak untuk menyisihkan sedikit rezeki kita untuk kaum dhuafa. Wabah Covid-19 ini tidak ada yang menginginkannya, namun kita bisa bersama saling bahu membahu menguatkan sesama.

Salurkan donasi terbaik Anda melalui rekening sedekah: BNI Syariah 300.300.3155 atau Mandiri 106.0010949819 An. Dompet Dhuafa Waspada, tambahkan kode unik 200 di akhir donasi.

Semoga melalui sedekah ini, Allah akan menjaga dan melindungi kita semua dari wabah dan bala bencana, aamiin.

 

TINGGALKAN KOMENTAR
Bagikan tulisan ini via:

Be informed!

berlangganan info DD

Open chat
Assalamualaikum...

Ada yang bisa kami bantu? Jangan sungkan hubungi kami langsung dari WhatsApp Anda. Klik icon WhatsApp untuk memulai chatting :)
Powered by